Social Icons

04 March 2013

PENANGANAN KOI PERTAMA KALI TIBA



Dewasa ini, ikan Koi telah menjadi primadona bagi para pelaku hobis ikan hias. Memelihara Koi adalah hobi yang menyenangkan dan diyakini dapat mengurangi tingkat stress karena Koi adalah ikan yang pintar dan bisa diajarkan untuk makan dari tangan anda, Koi juga dapat mendengar serta akan merespon suara-suara terutama suara dari pemiliknya. Hal ini lah yang menjadi daya tarik para inshan perikanan untuk memelihara ikan Koi. Namun, ikan Koi merupakan ikan yang mudah stress, apalagi saat proses pengangkutan dari tempat asal menuju tempat kita. 
Berikut ini adalah beberapa tahapan memperlakukan Koi yang baru datang atau baru di beli, Koi yang baru wajib untuk kita karantina dulu walaupun ikan tersebut kelihatan sehat atau dari tempat yang sangat terpercaya sekalipun. Kebanyakan permasalahnya Koi akan mengalami stres ketika dalam perjalanan ini bisa dimungkinkan karena banyak faktor yang membuat koi stres selama dalam perjalanan salah satunya adalah perubahan suhu. ikan Koi yang baru tiba perlu di karantina terlebih dahulu, namun hal ini memerlukan bak karantina khusus. berikut ini tahapan karantina yang perlu dilakukan tanpa memerlukan bak karantina khusus:
  1. Bersihkan kolam yang akan digunakan, rendam peralatan yang akan digunakan pada pemeliharaan ikan Koi (filter, selang aerasi, batu aerasi dan lainnya) selama 1 hari.
  2. Selanjutnya, isi kolam atau akuarium dengan air bersih sambil di aerasi kuat selama 3 hari.
  3. Selanjutnya, set suhu air sesuai dengan suhu air didaerah asal ikan Koi.*
  4. Setelah ikan Koi sampai di tempat,masukan plastik packing yang ada ikannya kedalam bak kolam atau akuarium selama 30 menit, hal ini bertujuan untuk proses aklimitasi atau adaptasi suhu air di plastik packing dengan suhu pada kolam pemeliharaan yang akan digunakan.
  5. Selanjutnya, keluarkan ikan didalam plastik packing ke dalam kolam pemeliharaan secara perlahan (biarkan ikan keluar dengan sendirinya dari dalam plastik packing).
  6. Selanjutnya, puasakan ikan selama 2-3 hari.
  7. Pada hari ke-3, setelah ikan beradaptasi dengan air kolam pemeliharaan, langkah selanjutnya adalah menghilangkan parasit atau kutu ikan yang menyerang ikan Koi.*
  8. Selanjutnya, masukan garam ikan dengan konsentrasi 1 ppm, setelah dilakukan penambahan garam ikan, selanjutnya biarkan selama 2-3 hari.
  9. Kemudian, ganti air yang masih mengandung garam pada kolam secara bertahap setiap 2-3 hari sekali, mulai dari 20%, 40% dan 60%.


Catatan:

* biasanya ikan yang dikirim selalu dalam keadaan sehat, jadi alangkah baiknya ikan Koi yang baru sampai ditempat dipisahkan antara ikan yang terkena parasit atau kutu ikan dengan ikan yang sehat.
* turunkan suhu secara bertahap 2 derajat celcius per 3-5 hari hingga suhu sama dengan suhu kolam sekarang. Hal ini bertujuan untuk proses aklimitasi suhu air tehadap ikan.

1 comment:

  1. Sy baru beli ikan koi, masih pemula jga, dri plastik langsung sy ceburin ke kolam baru. Skrg koi nya menyendiri terus sudah bbrp hari ini, apa yg harus sy lakukan? Mohon petunjuknya terima kasih

    ReplyDelete