Social Icons

30 November 2011

ONTOGENI

Ontogeni adalah pertumbuhan atau perkembangan danau baik alami maupun buatan, dari mulai danau tersebut terbentuk, mengalami proses eutrifikasi dan selanjutnya berubah menjadi ekosistem terrestrial melalui beberapa stadia pertumbuhan. Eutrifikasi adalah meningkatnya nutrient perairan baik organic maupun anorganik yang merupakan prose salami ataupun ada campur tangan manusia (limbah domestik, limbah industri maupun peternakan) yang berlangsung selama ratusan sampai jutaan tahun.

·      Kenapa eutrifikasi dapat mematikan danau?
Karena ketika nitrat, posfat dan bahan lainnya masuk kedalam suatu perairan , yang kemudian dimanfaatkan oleh produsen primer dan produsen sekunder. produsen primer dan sekunder akan mengalami kematian atau setling sehingga mengalami pendangkalan akibat sedimentasi didasar perairan. siklus itu akan berlangsung selama ratusan bahkan jutaan tahun dan lama kelamaan danau tersebut akan mati dan menjadi daratan.
·      Kenapa stelah danau mati, di daerah yang dulunya bekas danau, banyak terdapat posfat?
Karena didalam tubuh produsen primer dan sekunder, tubuhnya banyak mengandung protein, protein tersusun dari nitrat dan posfat. Nitrat secara alami dibebaskan ke udara, hal ini untuk menjaga keseimbangan jumlah gas nitrogen antara di udara dan di perairan.sedangkan posfat yang memang bersifat mengendap akan tetap berada didasar perairan.

No comments:

Post a Comment